Jumat, 01 April 2016

MENGADU DAN MERUBAH NASIB DI KAWASAN TRANSMIGRASI

Assalamualaikum...

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih kepada : DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI Kabupaten Subang, Jawa Barat yang sudah memfasilitasi saya untuk ikut serta berangkat transmigrasi dan saya ucapkan terima kasih pula kepada : DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan yang sudah menerima saya sebagai warga transmigrasi dan menjadi warga Wajo ,Sulawesi Selatan.

Sahabat sekalian...

Sekedar membagikan pengalaman hidup kepada kalian sekaligus sebagai suport dan motivasi bagi calon warga trans baru yang mau berangkat  kedaerah tujuan . 

Berawal dari keterpurukan ekonomi yang terus menghimpit kehidupan kita terkadang membuat orang putus asa sehingga melakukan hal2 yang negatif yang justru dapat merusak hidupnya sendiri dan merugikan orang lain , padahal dengan kita bersabar dan terus melakukan upaya perbaikan hidup semuanya pasti akan berubah . Karena dimana ada kesulitan di situ ada kemudahan ,dan Allah tidak akan merubah nasib kita kalau kita sendiri tidak merubahnya , intinya adalah perubahan besar ada di tangan kita dan Allah hanya akan mengabulkan do'a kita . Jadi semua kembali kepada diri kita di dalam menyikapi hidup.

Setiap orang pasti punya pengalaman hidup masing2 dengan cerita yang berbeda -beda pula.Begitu pula yang pernah saya alami, sudah dua tahun berada di kawasan transmigrasi  hidup masih belum berubah juga ,bahkan sebaliknya ekonomi makin terpuruk . Susahnya pekerjaan membuat saya banyak menganggur dan tidak punya pekerjaan tetap . Berusaha mengolah lahan selalu terkendala dengan masalah pengairan karena belum adanya irigasi selama bercocok tanam hanya mengandalkan musim hujan . Kondisi seperti ini membuat keluarga hidup makin susah , makan dengan nasi dan sayur  saja sudah menjadi menu harian keluarga dan ongkos untuk anak - anak bersekolah cuma Rp.1000 untuk dua orang kakak beradik . Saya panik dan hati bergetar, takut anak dan istri kelaparan apabila nasib saya terus begini. Saya bertanya pada diri sendiri apa yang harus saya lakukan ?!...

BERDAGANG.

Di sore hari yang mulai sejuk dari sepanjang hari tersengat matahari, saya sedang berkumpul bersama keluarga dan saya meminta kepada anak dan istri saya agar mau menjual hp miliknya untuk modal jualan ,lagi pula punya  hp juga tidak pernah untuk menelfon maklum tidak ada pulsa he...he..he..

Keesokan harinya, saya menawarkan hp kesana kemari dan akhirnya saya mendapatkan pembeli tapi dengan harga yang murah. Dua hp kamera saya jual cuma Rp.300 ribu dan uangnya saya bawa ke pasar untuk membeli kayu dan paku , yang rencananya untuk membuat gerobak batagor. Sesampainya di rumah saya langsung merakit gerobak batagor hingga dalam beberapa hari akhirnya selesai dikerjakan.

Kini gerobak batagor sudah ada namun belum bisa berjualan, di karenakan belum ada motornya . Saya terus berupaya dengan mendatangi teman2 mungkin saja ada yang mau menolongku,alhamdulillah ada yang mau menolongku,ternyata janji Allah benar,"Sesungguhnya pertolongan Allah sangatlah dekat".

Singkat cerita, sudah enam bulan saya jualan batagor keliling dan kini ekonomi saya mulai membaik bahkan saya sudah mempunyai motor sendiri,menjual batagor ternyata membawa berkah bagi hidup saya,banyak pembeli yg suka batagor buatan saya katanya batagornya enak sekali.

O'ya bagi sahabat yang ingin mencoba rasa batagorku pastinya saya bagikan, tapi bikin sendiri ya...,ini resepnya,..

"CARA MEMBUAT BATAGOR CRISPY" 

BAHAN2:  A

1. 1 Kg Tepung kanji

2. 1/4 Kg Tepung terigu

3. 5 Batang daun bawang (diiris halus)

    (ketiga bahan tersebut di campur menjadi satu diaduk2 hingga benar2 merata)

BAHAN2:  B

1. 4 ekor ikan tenggiri (di buang durinya)

2. 1 sendok makan garam dapur

3. 1 sendok makan miwon

4. 2 sendok masako (rasa daging sapi)

5. 1 sachet sajiku nasi goreng

        (kelima bahan di atas di blender hingga halus)

PROSES:

    Rebuslah bahan B dengan takaran satu liter air dalam wajan hingga mendidih kemudian tuangkan bahan A ,aduk2 sampai menjadi adonan . Setelah airnya meresap semua pada adonan, angkat dan tuangkan pada wadah yang telah disediakan dan tambahkan 1/4 tepung kanji pada adonan ,aduk2 hingga merata .

Selanjutnya ambil sedikit demi sedikit adonan dan buat menjadi bulatan2 kecil seperti kelereng dan kemudian di goreng sampai kering . Setelah kering angkat dan tuangkan di piring.

PENYAJIAN:

Tambahkan tahu goreng ,telur rebus,mentimun diatasnya ,siramkan bumbu kacang dan sedikit saus tomat dan kecap,

 batagor crispy siap di sajikan. 

 PERTANIAN.

Apabila kita sudah mampu menstabilkan ekonomi harian janganlah kita terlena,kita harus mampu membuat langkah2 bhisnis dengan membuka kran2 air atau menciptakan usaha2 baru dan bergerak maju di bidang pertanian sebagai sumber penghasilan.

Lahan yang di penuhi rumput ilalang dan semak belukar kini berubah menjadi tanaman produktif dan punya daya jual tinggi,tanaman kayu jati putih,jabon merah adalah penopang bhisnis di masa mendatang dan tanaman padi,sayur - sayuran untuk kebutuhan sehari-hari.

Perilaku yang disiplin dalam menata perencanaan akan membuat hidup lebih baik dan perilaku masa bodoh pada apa yang sudah di rencanakan akan membuat hidup makin terpuruk.

INVESTASI.

Ekonomi mapan dan terus berkembangnya berbagai usaha sudah tentu akan meningkatkan jumlah saldo kita ,namun alangkah baiknya dana besar yang kita miliki di investasikan, dari pada uang di simpan di bawah bantal atau di simpan di bank maka tidak produktif,banyak perusahaan2 yang menjual saham2nya di BEI adalah peluang investasi yang sangat menguntungkan bagi kita.Berikut ini perusahaan2 yang menjual sahamnya baik perusahaan2 milik negara (BUMN) atau perusahaan swasta.

- PERTAMINA

- PLN

- PGN

- ADHIKARYA

- BRI

- BANK MANDIRI 

- UNILEVER

- SINAR MAS

- INDOFOOD dll.

Banyak perusahaan2 yang menerbitkan saham dan obligasi menjadikan banyak pilihan untuk kita berinvestasi,namun sebelum kita berinvestasi pada perusahaan apapun, maka dapatkan terlebih dahulu informasi mengenai fundamental dan teknikal perusahaan agar dana yang kita investasikan dapat berkembang dengan maksimal.

HIBURAN.

Siapa sih yang tidak suka hiburan? walaupun hanya mendengarkan musik saja,apalagi bagi orang2 sukses yang banyak uangnya,mau hiburan apa saja bisa di beli,mau memanjakan tubuh dengan pijat dan urut? bisa...! mau jalan2 ke mal? bisa...! atau mau keliling dunia? juga bisa...! sebenarnya bagi orang2 sukses dan banyak uangnya hidup ini terasa indah bagai di surga.Dengan jiwa optimis dan semangat bekerja kitapun pasti bisa.

MOTIVASI.

"Lihatlah seekor ulat merayap,niscaya orang geli menangkapnya,namun setelah seekor ulat memproses dirinya  menjadi kupu2 yang indah yang terbang kesana kemari niscaya orang terkagum memandangnya dan sesekali ingin menangkapnya."

Tatkala hidup kita di bawah,niscaya orang memandang lemah diri kita,namun setelah kita memproses diri kita menjadi orang sukses,niscaya orang bangga pada kita.

"Lihatlah seekor cicak di dinding yang sabar dan siaga,mampu menggapai nyamuk yang terbang dan melintas di depannya."

Sabar dan istiqamah untuk menggapai impian pada akhirnya tercapailah cita2.

"Takut dan ragu tuk berlayar arungi samudra, pastikan tetap di tepian ."

Takut dan ragu bertindak untuk perubahan hidup,pastikan hidup tetap terpinggirkan.

Intinya adalah jadikan diri kita, diri yang selalu optimis yang percaya kepada Allah dan selalu semangat bekerja dan terus mencari ilmu untuk meningkatkan mutu diri menjadi hidup lebih berguna.

O'ya sahabatku sekalian demikian pengalaman yang dapat saya bagikan,semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan kepada sahabat2 yang lain ya...!

Wassalam...

   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar